Perkembangan Janin/ Bayi Dalam Kandungan?

Bayi mempunyai proses perkembangan yang sangat menarik di dalam rahim atau kandungan seorang wanita, dari pertemuan sel telur dan sel sperma sampai dilahirkan.

Perkembangan Janin/ Bayi Dalam Kandungan

Beberapa tahapan perkembangan bayi dalam kandungan

1. Kehamilan 6 minggu
Pada tahapan ini secara umum ukuran bayi sangat kecil kurang lebih dengan panjang 1 centimeter lebih sedikit, rahim sudah mulai mengembang mengikuti besarnya janin dan lebih besar sedikit, pada tahap ini memang sangat susah diprediksi apakah seorang wanita sedang mengandung bayi atau tidak, bahkan dokter pun mungkin masih belum bisa meenilai.

Meskipun janin dalam ukuran kecil namun sudah mempunyai lekukan benjolan yang nantinya akan menjadi kaki dan tangan, beberapa cekungan juga sudah mulai berkembang, cekungan ini akan menjadi rongga mata yang membesar.

2. Kehamilan 8 minggu
Ukuran bayi dan rahim semakin besar dan panjang, bayi menjadi kurang lebih 2 centimeter lebih sedikit, bentuk manusia semakin jelas dengan kepala yang besar dari pada bagian tubuh lainnya. kepala sudah mulai tumbuh telinga, dan tonjolan kecil yang nantiya menjadi tangan dan kaki juga sudah ada jeri-jari kecil. Bagian mata sudah makin berkembang dengan adanya penutup kelopak mata. Minggu-minggu masa ini semua organ tubuh sudah terbentuk dari jantung yang sudah bisa berdetak, ginjal yang mulai aktif, dan darah sudah mengalir ke seluruh tubuh.
Pada masa kehamilan ini sudah bisa dengan mudah bagi seorang dokter memprediksi bahwa seorang wanita hamil atau tidak.

3. Kehamilan 12 minggu
Biasanya pada waktu ini seorang wanita sudah bisa merasakan bahwa dirinya sedang mengandung bayi, tanda-tanda kehamilan sudah mulai dirasakan, seperti mual atau muntah. Bayi dan rahim terus menjadi besar, panjang janin semakin berkembang pesat menjadi 8 sampai 9 Centimeter dan berat bayi sudah mencapai puluhan gram, janin berkembang secara proporsional diikuti pertumbuhan terbentuknya alat kelamin yang belum jelas untuk diprediksi. Saraf bayi dan otot berkembang dengan baik dan sudah bisa melakukan gerakan-gerakan kecil kaki dan tangan serta sudah bisa mengeluarkan air seninya. Pada waktu ini janin juga sudah bisa memasukkan cairan ketuban kedalam tubuhnya.

4. Kehamilan 16 minggu
Rahim dan janin semakin besar, bahkan rahim sudah mulai bisa disentuh atau diraba, perut seorang ibu sudah mulai keliatan membesar karena perkembangan janin juga sudah mulai bagus dengan ukuran 18-20 centi meter dan berat sudah diangka ratusah gram, denyut jantungnya dan otot-ototnya semakin kuat. jenis kelamin bayi sudah bisa dibedakan mana wanita atau pria

5. Kehamilan 20 minggu
Bayi sudah mulai mempunyai gerakan yang bisa dirasakan oleh ibunya, janin sudah benar-benar menyerupai manusia dengan ukuran sekitar 25 centimeter dan berat sudah diangka tiga ratusan gram. kulit bayi semakin baik dan menebar ditumbuhi rambur-rambut halus dan rambut kepala sudah tumbuh beberapa helai, ramput alis sudah mulai muncul, dan paru-parunya bertambah kuat akan tetapi masih bisa baik dalam udara bebas.

6. Kehamilan 24 minggu
Kulit bayi semakin kuat dan warna kemerahan semakin berkurang, berat bayi bisa mencapai 600 sampai 700 gram dan mempunyai ukuran sudah di angka tiga puluhan centi meter. Sampai pada minggu-minggu ini bayi terlihat keriput karena kulit bayi masih kurang adanya lemak, dan pada minggu ini bayi sudah mulai bisa menyimpan lemak di bawah kulit tubuhnya. Mata bayi masih belum sempurna, belahan mata sudah tampak akan tetapi bola mata belum jelas dan masih ada selaput tipis yang menyelubungi berwarna buram. Ukuran kepala semakin besar dibandingkan tubuh yang lainnya.

Organ paru-paru masih belum sempurna dan bila pada mingu-minggu ini bayi dilahirkan atau dipaksa untuk keluar sebenarnya bayi sudah bisa berusaha unuk bernafas, namun karena paru yang belum sempurna bayi kemungkinan besar bisa mati beberapa waktu setelah keluar berhadapan dengan udara bebas.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔