Cara Merawat dan Mencegah Dehidrasi

Dehidrasi merupakan kondisi tubuh saat mengalami banyak kehilangan cairan daripada memperolehnya. Dehidrasi bisa dialami oleh anak-anak maupun orang dewasa.

mencegah dehidrasi

Dehidrasi disebabkan oleh banyak hal, beberapa hal penyebabnya adalah mencret yang berlebihan atau mencret yang disertai dengan muntah-muntah, penyebab lainnya adalah sakit berat dimana seseorang tidak dapat memperoleh makanan dan minuman yang cukup.

Pada waktu mengalami dehidrasi seseorang mendapatkan gejala seperti air seni yang keluar sangat sedikit atau tidak keluar sama sekali, air seni bisa berwana kuning gelap, berat bada penderita juga bisa mengalami penurunan, mulut menjadi sangat kering dan merasa haus, mata penderita dehidrasi menjadi cekung dan tidak berair, kulit penderita juga menjadi tidak elastis atau kekenyalan sangat berkurang, dan bayi yang mengalami dehidrasi akan terlihat ubun-ubun bagian kepala menjadi cekung.

Lakukan secepatnya perawatan pada penderita dehidrasi dengan memberikan air minum atau asupan yang banyak terutama yang manis mengandung gula serta yang mengandung metrolit.

Untuk mencegah dehidrasi penderita mencret atau muntah-muntah dapat diberikan sesegera mungkin air minum atau teh yang ditambahkan dengan gula, garam, dan tambahkan lagi oralit. Cara mencegah seperti ini adalah pertolongan pertama secepat dan sesegera mungkin.

Makan buah-buahan juga sangat bagus untuk cara mencegah dehidrasi karena buahan-buahan mengandung banyak cairan (+/- 90%) yang mengandung nutrisi mineral dan vitamin yang baik untuk tubuh, seperti tomat, lemon dan buah-buah berry.

Biasakan pola makan yang baik, makan sayur dan buah yang bervariasi adalah membuat badan kita lebih segar sehat dan salah satu cara mencegah dehidrasi.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔