Menentukan Program Penetapan Harga/ Tarif

Menentukan program penetapan harga atau tarif sebuah produk atau jasa dibutuhkan perspektif cara yang cerdas untuk sukses.

Program Menentukan Penetapan Harga/ Tarif

Dalam persaingan yang sangat ketat pada dunia usaha dibutuhkan sebuah perspektif berpikir jauh ke depan dengan bagus. Harga/ tarif sebuah produk atau jasa tidak bisa ditentukan tanpa perpsektif berpikir yang bijaksana, apalagi harga ditentukan dengan asal asalan atau hanya mengikuti emosi bisnis yang tidak stabil dan berakhir dengan kerugian atau kebangkrutan saja.

Menentukan harga atau tarif sebaiknya menggunakan program yang disusun sebelumnya dengan baik menggunakan analisa dari beberapa sudut pandang, baik itu distribusi, pemasaran termasuk salurannya, keuangan dan administrasi, logistik, dan beberapa hal keunggulan dan kelemahan perusahaan.

Program program yang bisa diperhatikan dalam penetapan atau menentukan harga atau tarif adalah program penetrasi pasar sebuah produk dan jasa, program paritas, program premium pricing, dan program lainnya.

Menentukan harga ketika perusahaan sedang penetrasi pasar atau sedang memasukkan produk baru dalam sebuah persaingan tentukan harga/ tarif harus ditentukan dengan baik, pada waktu penetrasi pasar sudah jelas masyarakat masih belum mengetahui produk kita secara jelas, apa lagi jenis produk yang tidak mempunyai merek/brand yang cukup baik.

Biasanya ketika upaya penetrasi pasar yang kuat cenderung harga sebuah produk atau jasa di tetapkan dengan cara dibawah harga para pesaing, hal ini menjadi lumrah biar pelanggan lebih tergiur untuk mencoba dan mengetahui fitur dan kelebihan produk atau jasa kita.

Menentukan harga dibawah pasar pada program penetrasi pasar direkalkulasi secara total atas pengeluaran atau biaya dan estimasi atau forcasting pendapatan atas penjualan, discount, ataupun cashback dan lainnya.

Apakah efektif cara menurunkan harga/ tarif pada program penetrasi pasar ini? secara umum menentukan harga di bawah pasar ini dinilai cukup efektif untuk merebut pasar dengan cepat, pertimbangan-pertimbangan yang perlu dikaji adalah selisih penurunan harga sebagai konpensasi atas adanya iklan yang melambung tinggi dan biaya-biaya atas upaya memutus mata rantai pelanggan atau konsumen dengan distributor, agen, ataupun reseller.

Bisa dibayangkan bagaimana susahnya memutus hubungan mata rantai antara pesaing dan konsumen atau pelanggan. Bila mata rantai ini masih kuat tentu saja penolakan untuk menerima produk baru akan lebih susah. Cara penetapan harga dibawah pesaing akan lebih mendorong penerimaan atas produk di channel penjualan.

Apakah pada program penetrasi pasar ini harus selalu menetapkan harga dibawah pasar atau pesaing kita? tidak harus harga/ tarif dibawah pasar, perlu dikaji lebih mendalam lagi, banyak produk produk atau jasa melakukan penetrasi pasar dengan harga sama atau diatas pesaing pada level produk yang setara dan sukses. harga yang tidak dibawah pada program ini tentunya harus didukung oleh banyak hal lainnya seperti distribusi yang kuat, program marketing dan branding yang bagus, atau sumber daya lainnya ditingkatkan.

Pada program paritas atau Parity Pricing biasanya perusahaan menentukan harga sejajar atau mendekati harga produk para pesaing, dengan mendekati harga pesaing tentunya perusahaan sudah harus berpikir bahwa peranan harga bukanlah hal utama, jadi alangkah baiknya pada program ini perusahaan sudah mempunyai produk yang lebih bagus dan distribusi maupun promosi marketing yang lebih handal.

Program menentukan harga/ tarif pada program paritas ini perlu dikaji lebih mendalam tentang perilaku konsumen, permintaan, kekurangan perusahaan dalam hal biaya dengan pesaing, expected gains dari skala ukuran ekonomis, dan lebih fokusnya adalah tujuan penetapan menentukan harga pada program paritas adalah mensejajarkan dengan para pesaing di pasar.

Menentukan harga/ tarif premium pada produk atau jasa menjadi menarik para pengusaha atau pelaku bisnis ketika para pesaing atau kompetitor masih belum fokus mempunyai program untuk mensejajarkan keunggulan produk kita, danga cara lebih mudah bila kondisi ini harga atau tarif dinaikkan untuk mendapatkan keuntungan yang signifikan.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔