Manfaat Zakat dan sedekah (Shodaqoh)

Zakat dan sedekah atau Shodaqoh adalah menyisihkan sebagian harta kita untuk bagikan kepada orang lain yang benar-benar membutuhkannya.

zakat shodaqoh

Sebagian orang muslim ada yang menganggap zakat dan sedekah tidak begitu penting bahkan sering kali tidak dikerjakan dan dilupakan. padahal ajaran agama tersebut untuk selalu melakukan Zakat dan sedekah adalah mempunyai banyak manfaat yang sangat luar biasa.

Zakat dan sedekah Shodaqoh tidak hanya memberikan dan menguntukan orang lain yang menerima, namun zakat dan sedekah banyak memberikan manfaat kepada yang melaksanakannya. ajaran agama yang baik ini akan menaikkan derajat kemuliaan seseorang baik di dunia dan di akhirat.

Beberapa manfaat dari Zakat dan Sedekah adalah sebagai berikut:

Taqwa kepada Allah
Zakat dan Sedekah atau Shodaqoh adalah ajaran agama, semakin banyak mengerjakan perintah Allah dan menjauhi laranganNya maka kita akan semakin beriman dan hati kita semakin bersih untuk selalu bertaqwa. Hati, pikiran dan Nurani kita akan semakin bulat untuk mendorong dan mengingatkan semakin bertaqwa, bila semakin bertakwa maka ketika melakukan kesalahan kita semakin bisa mendengar dengan jelas teriakan hati dan nurani yang menolak tentang kesalahan yang sudah dilakukan. Itu semua akan mengingatkan dan menghindari kita dari perbuatan tidak baik begitu juga sebaliknya jika kita semakin banyak melakukan kesalahan kita semakin tuli untuk mendengar teriakan hati nurani kita.

Syukur
Manfaat Zakat dan sedekah lainnya adalah meningkatkan rasa syukur kepada allah. Harta dan kelebihan lain yang diberikan allah sering kali orang dengan sombong menganggap itu adalah semata-mata karena kehebatannya dirinya yang luar biasa.

Manusia sering tidak sadar bahwa harta kekayaan kita adalah karena kehendak Allah, bahkan seringkali Allah turunkan harta dan kekayaan melalui jalan yang melibatkan orang lain. Semakin bersyukur dan selalu memanjatkan rasa terima kasih kepada Allah makan insya Allah akan diberikan lagi kenikmatan lebih oleh allah.

Cinta dan Kasih sayang
Memberikan zakat, sedekah atau Shodaqoh akan mengajarkan rasa cinta dan kasih sayang kepada orang lain, dan meningkatkan rasa kepedulian atau empati untuk bisa mengerti orang lain yang mengalami kesusahan.

Semakin besar rasa cinta kasih sayang dan kepedulian kita sama orang lain Insya Allah semakin besar cinta kasih sayang dan kepedulian orang lain kepada kita. Betapa indahnya hidup ini bila banyak orang yang menyanyangi dan banyak pertolongan dari orang lain.

Tidak mencintai harta benda berlebihan
Kewajiban kita berzakat dan memberi sedekah shodaqoh serta infaq mengajarkan kita berkorban menyisihkan sebagian harta kita untuk orang lain. Hal ini dibutuhkan keikhlasan dan kerelaan hati yang tulus bahwa sebagian harta kita adalah ada hak orang lain.

Tidak mau menyisihkan harta kita kepada orang lain adalah sifat tidak baik dan kecintaan harta benda yang berlebihan. Agama islam tidak mengajarkan untuk mencintai harta berlebihan karena hal tersebut akan merusak hati mental dan moral manusia.

Mensucikan Harta
Harta benda yang kita miliki tidak semuanya 100% (seratus persen) bersih. dalam artian ketika kita mendapatkannya mungkin ada hal tidak baik yang kita lakukan seperti ucapan lisan kita yang tidak baik terhadap orang lain, menyinggung hati orang lain atau sakit hati, tidak jujur atau bohong, atau ada kerugian orang lain yang tanpa kita sadari ketika kita mendapatkan harta benda tersebut.

Untuk itu perlu sekiranya kesalahan-kesalahan tersebut dibersihkan atau bisa dimaafkan agar harta kita lebih baik lagi.

Sebenarnya semakin besar kemuliaan dan kelebihan yang diberikan kepada kita (ilmu, harta, dan jabatan) maka semakin besar tanggung jawab kita untuk bisa memberi manfaat lebih kepada orang lain.

Mari kita semua saling mengingatkan untuk selalu menunaikan kewajiban zakat dan selalu memberi sedekah atau Shodaqoh dan infaq kepada orang-orang miskin dan membutuhkannya.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔